BULAN BAKTI KARANG TARUNA KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2023

Serangakaian kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Wonogiri Tahun 2023. Kegiatan tersebut antara lain penanaman pohon, penebaran benih ikan, pengecatan makam pahlawan, kegiatan donor darah, pemberian bantuan sembako kepada veteran dan fakir miskin juga penyelenggaraan pameran produk Karang Taruna.

Puncak acara Bulan Bakti Karang Taruna diselengarakan pada Selasa, 31 Oktober 2013 bertempat di Balai Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Purwantoro. Kegiatan tersebut di hadiri oleh perwakilan Karang Taruna se Kabupaten Wonogiri yang ikut menyemarakkan dan berpartisipasi.

Puncak acara bulan bakti karang taruna diawali dengan ucapan selamat datang dari Camat Purwantoro Drs., Khamid Wijaya, MM. Dimana beliau mengajak untuk menghidupkan kembali Karang Taruna sebagai wadah generasi muda untuk tumbuh dan mengembangkan potensi minat dan bakat generasi muda pada Desa/Kelurahan. Dilanjutkan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Kurnia Listiyarini, AP., M.Si. yang pada sambutannya Ibu Kepala Dinas Sosial mengingatkan bahwa Karang Taruna jangan hanya menyusun program kegiatan yang bersifat rekreatif yaitu kesenian dan olah raga tetapi juga harus memperhatikan pencegahan dan penanganan permasalahan sosial. Sebab permasalahan sosial pada generasi muda pada masa sekarang ini kian kopleks dan beragam. Beliau menyorot permasalahan penyimpangan perilaku berupa LGBT atau penyuka sesama jenis yang tidak hanya ditemukan dikota-kota besar namun sudah merambah ke Wonogiri. Sehingga peranan pemuda dan keluarga untuk selalu mengawasi pergaulan anak remaja dilingkungannya sangat penting untuk dilakukan. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wonogiri Catur Winarko yang hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas pelaksanaan Bulan Bakti Karang Taruna sebagai wujud partisipasi generasi muda dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Pembinaan Karang Taruna berupa penyuluhan sosial diberikan oleh Penyuluh Sosial Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Susilo Gigih Wahono, S.Sos. yang memaparkan program kerja Karang Taruna. Dimana diulas proses cara memunculkan program kerja yang tepat melalui 3 (tiga) tahapan. Yang pertama dengan jalan kembali mengenal apa sesungguhnya organisasi Karang Taruna itu melalui peraturan Menteri Sosial yang mendasari, Kedua melakukan penilaian terhadap kondisi Karang Taruna yang dimiliki guna menghidupkan dan melakukan perbaikan, melalui penilaian klasifikasi Karang Taruna. Ketiga dengan jalan menyusun program kerja sesuai tugas Karang Taruna yaitu mengembangkan potensi generasi muda dan berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial. (SGW).