PENDAMPINGAN SATU OPD SATU KECAMATAN DINAS SOSIAL KABUPATEN WONOGIRI DAN PENYERAHAN BANTUAN ANAK YATIM PIATU (YAPI) SERTA DIFABEL NETRA DI KECAMATAN PRACIMANTORO


     Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Wonogiri menyampaikan bantuan bagi anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19 serta penyandang disabilitas netra. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis 7 April 2022, bertempat di kantor Kecamatan Pracimantoro. Penerima bantuan sejumlah 14 orang anak yatim piatu dan 5 orang difabel netra. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Ketua Baznas Wonogiri, Camat Pracimantoro, Danramil, Kapolsek, dan Kepala Desa/Lurah di Kecamatan Pracimantoro. Bantuan yang diberikan berupa Sembako dan uang. Dalam sambutannya ketua Baznas KH. Soetopobroto menyampaikan bahwa bantuan ini bertujuan untuk meringankan dan memberikan semangat, serta sabar dan tabah mengahadapi ujian. Beliau juga berpesan kepada hadirin peserta untuk menyalurkan infak, sedekah, dan Zakatnya sehingga dapat membantu mensejahterakan umat. Sementara itu Sambutan dan arahan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Kurnia Listiyarini menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Wonogiri yang telah peduli dan simpati semoga bantuan terebut bermanfaat dan berkah. Penyerahan bantuan dari Baznas merupakan satu bentuk tanggung jawab pemerintah, lembaga dan masyarakat terhadap penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Untuk kedepannya penanganan PPKS ini bisa dilakukan oleh dan untuk masyarakat di wilayah Pracimantoro itu sendiri.

        Setelah penyerahan bantuan acara dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan satu OPD satu Kecamatan. Acara dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Kurnia Listiyarini,AP.M.Si.. Dalam pembukaan acara ibu Kepala Dinas menyampaikan pentingnya kerjasama yang solid, komunikasi yang baik diantara setiap elemen dalam masyarkat untuk keberhasilan penanganan kemiskinan. Dilanjutkan paparan dari Sekretaris Dinas Sosial Kab.Wonogiri, Sriyono,S.Sos., MM. terkait alur pendampingan yang akan dikerjakan dalam upaya penanggulangan kemiskinan khususnya di Kecamatan Pracimantoro. Kemudian paparan Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Maryono, S.Sos., M.Si. menyampaikan tentang data hasil scaning cepat mengenai permasalahan sosial dan penanganan kemiskinan di Kecamatan Pracimantoro. Terakhir paparan Kabid. Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Trias Budiono, S.Sos, M.I.Kom. mengenai rencana kegiatan rehabilitasi sosial terhadap lanjut usia terlantar, disabilitas, dan PPKS lainnya di tahun 2023. Pada akhir sesi dilanjutkan dengan tanggapan, usul, saran dan pertanyaan dari Desa/Kelurahan di Kecamatan Pracimantoro. (Etty PN & SGW)